Hamdi: Akses Medsos Saat ini Ada Pembatasan Dari Kementrian Kominfo    

 

POSTotabuuuan.com, BOLTIM-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Hamdi Egam mengatakan bahwa edaran dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, saat ini pemerintah melakukan pembatasan sementara dan bertahap sebagian akses platform media sosial dan pesan instan.

Kata dia hal ini dilakukan oleh Menkominfo RI, bertujuan untuk membatasi penyebaran atau viralnya informasi hoaks yang berkaitan dengan aksi unjuk rasa damai berkaitan dengan pengumuman hasil Pemilu 2019.

“Pembatasan itu dilakukan terhadap fitur-fitur platform media sosial dan messaging system. Tidak semua dibatasi Cuma bersifat sementara dan bertahap,” ucap Hamdi Egam, mengutip pesan Menkominfo Rudiantara dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia menjelaskan modusnya dalam posting konten negatif dan hoaks di media social, seperti di facebook, instagram dalam bentuk video, meme atau gambar. Kemudian di-screen capture dan diviralkan bukan di media sosial tapi di messaging system WhatsApp, “ jelasnya.

Konsekuensi dari pembatasan itu menurutnya, akan terjadi pelambatan akses, terutama untuk unggah dan unduh konten gambar dan video. “Kita semua akan mengalami pelambatan akses download atau upload video, “ terangnya.

Faruk Langaru

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*