Pelabuhan Jiko Port Dibangun Tahun Depan

BOLTIM- Pembangunan pelabuhan perikanan, di Desa Jiko Port Kecamatan Motongkad dibangun tahun 2020 mendatang. Dengan hal itu, Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan membebaskan lahan sebesar satu hektar lebih untuk pembangunan pelabuhan perikanan tersebut.

“Rencananya pembebasan lahan, akan dilakukan pada tahun 2020 dengan mengunakan anggaran APBD sebesar Rp500 juta rupiah. Ada 11 pemilik yang akan dibebaskan lahannya pada tahun 2020,” kata Kepala Dinas Perikanan, Erna Mokodongan, Senin (15/4/19)

Menurut Erna, pembangunan pelabuhan dilakukan secara bertahap. Mengingat besarnya anggaran dalam proyek tersebut. “Dengan adanya ketersedian pelabuhan perikanan nanti, bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat terlebih khusus kepada nelayan Boltim, serta hasil tangkapan lebih meningkat.Kami berusaha pelabuhan ini, harus dibangun. Sebab untuk kesejakteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Mohamad Iksan Pangalima mengatakan, kewenangan pembangunan pelabuhan ada di tangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. “Namun Pemkab Boltim, terus berupaya, agar proses pembangunan tetap dilakukan, walaupun ada kendala di lapangan yang harus diselesaikan dan persyaratan dilengkapi,” katanya.

Pembangunan pelabuhan ini lanjutnya, sudah pernah diusulkan ke Kementrian, namun mereka lebih memperioritaskan pembangunan di daerah terluar Indonesia seperti Talaud dan sekitarnya. “Kami tetap akan membangun pelabuhan perikanan. Sementara ini prosesnya telah berjalan di Dinas Perikanan,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Boltim Sehan Salim Landjar mengatakan, bukan hanya pelabuhan perikanan, namun rencananya juga ada pelabuhan Niaga, di Desa Paret Kecamatan Kotabunan dari dana Kementrian sebesar Rp26 miliar.

“Mereka sudah setujui permohonan, tinggal prosesnya saja akan dilaksanakan. Jika pelabuhan Niaga ini, sudah dibangun di Boltim. Maka pasti ke depan perekonomian akan terus bertumbuh. Sebab adanya pelabuhan Niaga, bisa memajukan semua sektor termasuk pedagang,” kata Eyang sapaan akrab Bupati dua periode ini.(*)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*