Kecamatan Modayag Jadi Pilot Project Sapi Perah

BOLTIM- Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berencana akan menjadikan Kecamatan Modayag sebagai Pilot Project sapi perah.

Kepala Dinas Pertanian Boltim Setiono mengatakan, nantinya Kecamatan Modayag akan dijadikan Pilot Project untuk sapi perah.

“Pengembangan sapi perah perlu mendapat perhatian serius dari peternak. Sehingga 2020, rencananya akan memanfaatkan lahan dan warga Modayag kembangkan sapi perah. Ada 100 induk sapi perah disiapkan untuk awal pengembangan,” kata Setiono.

Menurutnya, sapi perah ini sangat cocok dikembangkan di wilayah Modayag. “Karena didukung dengan alam serta tenaga terampil dari warga setempat,” ujarnya.

Saat ini lanjutnya, Dinas Pertanian Boltim sedang mengembangkan anak sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) melalui Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). “Hingga kini stok sapi di Boltim, berjumlah 4000 ekor dengan jumlah betina sebanyak 2000 ekor. Tahun depan, jumlah ini akan bertambah, karena adanya Upsus Siwab,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Boltim,l Dr Moch Insani mengatakan, akan berupaya menjadikan Boltim daerah pengekspor sapi di Sulawesi Utara. “Ini tujuan kami, jadikan Boltim penghasil sapi terbaik seperti sapi Bali, limosin dan Ongole,” jelasnya.(riel)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*