11.095 Warga Tak Lulus SD

BOLTIM- Sejak tahun 2017, Dinas pendidikan mencatat bahwa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengoleksi 11.095 orang warga yang tidak lulus Sekolah Dasar (SD).

Data itu berdasarkan ijazah yang tidak lulus sekolah dasar (SD) yang berada di tujuh Kecamatan Kabupaten Boltim.

Mulai dari Kotabunan 1130, Tutuyan 990, Motongkad 789, Nuangan 1680, Mooat 150, Modayag 622 dan Modayag Barat 5734 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim Yusril Damopolii mengatakan, pihaknya telah membuat program ijazah paket A,B dan C.

“Ada sekitar 1600 ijazah paket A,B dan C yang akan dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim kepada masyarakat,” kata Yusril.

Menurutnya, jumlah lulusan SD,SMP dan SMA mengalami peningkatan, karena adanya program paket A,B dan C.

“jumlah lulusan sarjana di Boltim, awalnya tahun 2010 berjumlah 187 guru, kini mencapai 2000 sarjana dengan berbagai ilmu,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Boltim Sehan Salim Landjar mengatakan, pendidikan dan kesehatan menjadi perioritas visi dan misi bupati dan wakil bupati.

“Sudah ada peningkatan bidang pendidikan, karena Pemkab Boltim, telah dibangun infrastruktur serta berikan beasiswa terhadap siswa kurang mampu dan prestasi,” kata eyang sapaan akrab Bupati.

Selain itu lanjut Eyang, program anak asuh untuk lulusan Sarjana telah dianggarkan hingga delapan semester.

“Kita sudah anggarkan 8 semester. Awalnya hanya 3-4 semester,” jelasnya.(*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*