Produksi Kedelai di Boltim Meningkat 

BOLTIM-Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Raden Setiono mengatakan produksi tanaman kedelai di Boltim mengalami peningkatan.

Kata dia, tahun 2017 produksi kedelai 624,60 ton sedangkan produksi tahun 2018 mencapai 3.209,01 ton.

“Ini menunjukan bahwa tanaman kedelai di Boltim meningkat dan lompatan produksi sangat baik, ” kata Setiono, Selasa (12/3/19).

Dia mengatakan untuk meningkatkan hasil tanaman kedelai, pemerintah kembali memberikan bantuan untuk petani. “Petani tetap kita berikan bantuan langsung. Diantaranya bantuan bibit dari pemerintah pusat dan daerah seluas 2000 hektar tahun 2018. Sehingga produksi kedelai naik drastis empat kali lipat, ” ujarnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian, Fenti Jangkarang menambahkan, 2019 pihaknya menyalurkan bantuan melalui program tumpang sari untuk tanaman padi, jagung dan kedelai (pajale).

“Bantuan padi dan kedelai seluas 325 hektar, jagung dan kedelei 2.600 hektar, jagung 5.000 hektar dan padi ladang 1.000 hektar. Kami harapkan program tumpang sari ini, kedepan dapat meningkatkan hasil produksi padi, jagung dan kedelai, ” kata dia.(riel)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*