Dokumen Lengkap Syarat Pencairan Dana Desa

BOLTIM-Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Oskar Manoppo mengatakan bahwa syarat pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap satu tahun 2019 ini, sama seperti pencairan tahun sebelumnya, dimana setiap desa ada dokumen tantang peraturan desa (Perdes) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan Rencana Kegiatan Anggaran Desa (RKADes), jika semua lengkap maka dana tahap satu sudah bisa dicairkan.

“Meskipun anggaran desa sudah di Rekening Kas Desa (RKDes), namun belum bisa dicairkan jika dokumen lengkap tidak ada, ” kata Oskar, Selasa (5/3/19).

Dia mengatakan karena ini sudah masuk bulan Maret, kepada para sangadi dan sekdesnya dapat mempercepat dokumen tersebut, agar DD maupun ADD tahap satu bisa dicairkan. “Harus ikut sesuai aturan yang ada, supaya tidak ada lagi sangadi atau sekdes yang terjerat hukum, dan yang paling utama pertanggungjawaban atau SPJ ketika dana cair, ” kata dia.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Fitra Damopolii mengatakan, sampai saat ini belum ada satupun desa yang diberikan rekomendasi terkait pencairan dana deda¬† tahap satu. “Belum ada yang mendapat rekomendasi. Sebab, masih dilakukan evaluasi. Jika dokumen lengkap maka kita terbitkan rekomendasi, ” katanya.(riel)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*