foto ist
foto ist

Bangunan Sarang Walet di Boltim tak Kantongi Izin 

BOLTIM-Bangunan sarang walet di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) makin marak, namun dari sejumlah bangunan yang ada, beberapa diantara nya bangunannya tak memiliki izin mendirikan bangunan atau IMB.

Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), Pemkab Boltim saat dikonfirmasi mengakui hal itu. Dari 14 bangunan sarang walet, baru tiga pemilik sarang walet yang mengurus IMB dan izin usaha.

“Dari 14 bangunan sarang walet di Boltim, hanya tiga usaha kantogi IMB dan izin usaha, ” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengawasan, DPTSP Boltim Nizar Kadengkang, Senin (11/3/19)

Menurut Nizar, sudah beberapa kali melakukan pengawasan dan pemberitahuan kepada pemilik untuk segera mengurus IMB dan izin usaha, namun terkesen mereka tak mengindahkan pemberitahuan ini.

Begitu pun letak bangunan tidak pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) atau lokasi yang tepat. Seenaknya dibangunan. “Hampir 80 persen bangunan sarang burung walet di Boltim, berdiri di lahan yang tidak sesuai RT/RW, ” katanya.

Lanjutnya, rata-rata pemilik sarang burung walet lebih dulu membangun gedung, ketimbang mengurus izin. “Harusnya koordinasi dulu dengan pemerintah daerah baru melakukan pembangunan, ” ujarnya.

Kepada Bidang Perizinan dan Non Perizinan, Iswandi Mokodompit menambahkan tiga bangunan sarang walet yang memiliki izin IMM yakni, di Desa Molobog, Desa Matabulu dan Desa Bukaka.

“Lainnya belum ada. Jadi saya sudah beberapa kali menyurat ke kecamatan dan desa, untuk menginstruksikan pemilik mengurus izin, ” kata dia.

Menurut dia, beberapa pemilik usaha sarang walet pernah datang ke kantor mengurus izin. Namun kebanyakan tidak kembali, alasanya retribusi pengurusan terlalu mahal.

“Kami himbau kepada pemilik bangunan sarang walet apabila belum ada IMB nya mohon segera diurus segera, ” tegasnya.(rie)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*