Tim Pora Gelar Rapat Koordinasi

BOLTIM-Guna mencegah masuknya orang asing di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Tim pengawasan orang asing (Timpora) Pemkab Boltim bersama Kantor Imigrasi kelas III Kota Kotamobagu (KK) menggelar rapat koordinasi, di Tutuyan (26/2/19).

Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit yang membuka rapat ini mengatakan bahwa setiap orang asing yang masuk di Boltim tentu mereka punya tujuan yakni sebagai pekerja. Tugas pemerintah, dinas terkait dan kantor migrasi harus pastikan apa mereka masuk supaya jelas.

“Ini tanggungjawab kita saling koordinasikan, ” kata Rusdi.

Menurunya, Kabupaten Boltim salah satu wilayah yang kerap dimasuki orang asing. Ini yang harus dikroscek, apakah mereka punya dukumen data jelas atau tidak.

“Terbentuknya timpora Boltim maka harus ada koordinasi dan pengawasan  pada orang asing, ” imbuhnya.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi kelas III Kotamobagu, Jhoni Rumagit meminta kepada camat sangadi harus tahu tentang penduduknya, harus pro aktif dalam pemgawasan orang asing, itu dibuktikan dengan KTP dan saling koordinaai dengan instansi terkait tentang pelaporan data orang asing.

“Kecamatan dan desa adalah ujung tombak pemerintahan, sehingga sudah selayaknya diberikan kepercayaan dan kewenangan dalam memantau adanya orang asing yang ada disekitar wilayahnya karena diperlukan diantisipasi, ” katanya.

Informasi yang didapat, di Desa Buyandi dan Desa Lanud ada warga asing, mereka masuk sebagai tenaga kerja di PT Ilomata.(riel)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*