Puskesmas Motongkad Asapi Kampung 

BOLTIM-Mencegah nyamuk aedes aegypti atau nyamuk demam berdarah dengue (DBD), Jumat (22/2/19), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motongkad, melakukan fogging atau mengasapi Kampung Motongkad Bersatu.

“Ada empat titik yang di asapi untuk mencegah penyebaran virus demam berdarah dengue, ” kata Kepala Puskesmas Motongkad, Helmi Lasama.

Kepada para Sangadi dan Masyarakat Motongkad juga dia mengajak agar menjaga kebersihan lingkungan.

“Mencegah munculnya BDB bagi masyarakat diharapkan rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggal. Misalnya, mengubur wadah yang bisa menampung air bersih jadi berkembang biak nyamuk itu, termasuk menguras bak mandi, ” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Eko Marsdi mengatakan bahwa pengasapan atau bukan strategi utama dalam pencegahan DBD.

“Fogging tidak dilakukan secara rutin, hanya dilakukan saat terjadi kasus di suatu wilayah untuk memberantas nyamuk sebagai faktor atau pembawa penyakit DBD. Pencegahan penyakit DBD bukan melalui fogging, tetapi bagaimana kita menjaga kebersihan dan menghilangkan jentik nyamuk, dengan pemberantasan sarang nyamuk, ” terangnya.

Menurut dia pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien adalah kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M Plus. 3M yaitu, Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember penampungan air, penampung air lemari es dan lain lain. Kedua, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum,tong air dan lain-lain. Dan ketiga memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

“Jika langkah ini dilakukan masyarakat, pasti kita tidak akan kena demam berdarah, ” kata Marsidi.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*