Dukcapil Boltim Mulai Gunakan SIAK Versi 7 

BOLTIM-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7 (tujuh).

Kepela Dinas Dukcapil Pemkab Boltim Rusmin Mokoagow mengatakan dengan adanya pengembangan aplikasi SIAK menjadi versi 7, dapat mempermudah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan seperti pembuatan akta kelahiran yang bisa didaftarkan dari rumah atau tempat lainnya melalui handphone maupun PC komputer.

Selain itu, masyarakat cukup mengisi formulir secara online dan mengupload persyaratannya, sehingga pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien. “Program ini kita terapkan, sejak dikeluarkan oleh pihak kementrian, ” kata Rusmin, Rabu (30/1/19) .

Program ini kata dia merupakan bentuk pelayanan terhadap masyarakat untuk peningkatan dan perbaikan kwalitas dokumen administrasi kependudukan. Dalam sistem ini untuk pengurusan KK dan Akta lahir, warga wajib melampirkan akta nikah.

“Kami lakukan perbaikan dalam format KK sebagaiman keabsahan dalam pernikahan itu sendiri. Tanpa dilampirkanya bukuh nikah, format dalam KK yang diterbitkan ada belum tercatat status pernikahanya, ” jelasnya.

Ia mengatakan dalam hal ini pihaknya bekerja sama dengan Kementrian Agama untuk mensinkronkan data kependudukan. Lebih penting lagi jika nantinya akan terjadi kasus perceraian. “Lewat kerja sama ini data kependudukan di Boltim masih dapat terkontrol, ” terangnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*