Disperindag Targetkan Retribusi Pasar 55 Juta 

BOLTIM-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menargetkan pemasukan lewat retribusi pasar pada tahun 2019 ini sebesar Rp55 juta.

Kepala Disperindag Boltim Ramlah Mokodompis menuturkan target tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. “Tahun 2018 lalu retribusi atau pendapatan asli daerah (PAD) pasar itu Rp33 juta, dan untuk target tahun 2019 ini Rp55 juta, ” kata Ramlah, Rabu (30/1/19).

Perolehan retribusi tersebut menurut dia akan didapat dari pedagang yang berada disejumlah pasar yang dikelola oleh Disperindag Boltim. Pihaknya pun optimis target tersebut akan tercapai lantaran perolehan Rp33 juta tahun lalu terpenuhi.

“Jumlah retribusi yang dimintakan pada setiap pedagang yakni Rp1.500 setiap harinya. Sedangkan untuk pedagang yang menggunakan kios biaya retribusinya sebesar Rp1 juta per tahun, ” terangnya.

Dilain pihak, warga Boltim Wani Mokoagow  menyoroti keberadaan pasar yang kurang tertib. Banyak pedagang yang tidak berjualan di dalam pasar melainkan di bahu jalan.

“Kalau ada kenderaan yang mau parkir atau lewat bisa terhalangi oleh para pedagang. Padahal ada pasar yang dibangun masih saja berjualan di pinggir jalan. Disperindag Boltim harus tegas, ” tegasnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*