Dispar Terus Lakukan Pengembangan Objek Wisata 

BOLTIM-Dalam dua tahun terakhir ini, objek wisata di Kabupaten Bolaang Timur (Boltim) ramai dikunjungi warga, tak hanya dari Sulawesi Utara (Sulut). Warga luar seperti Makasar, Palu Jawa bahkan mancanegara pun ramai ramai datang di Boltim, untuk berwisata.
Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Pemkab Boltim, Rizky Lamaluta  mengatakan saat ini objek atau destinasi wisata di Boltim berjumlah 67, diantaranya di Tanjung Silar, Desa Jiko Induk, Kecamatan Nuangan, Pulau Nenas di Desa Paret Kecamatan Kotabunan, wilayah pegunungan Purworejo dan sejumlah danau termsuk Danau Mo’oat serta di 6 desa binaan yang di kelola badan usaha milik deda (BUMDes).
“Puluhan objek wisata tersebut sampai sekarang ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam daerah maupun wisatawan mancanegara, ” kata Rizky, Rabu  (16/1/19).
Untuk tahun anggaran 2019 ini menurut dia, Pemkab Boltim dalam hal ini Dinas Parawisata, akan melakukan pengembangan di sejumlah objek wisata termasuk di Kotabunan Selatan, diving centre dan wisata manggrove.
“Kami tetap berinovasi dalam membangun objek wisata baru, ” katanya.
Khusus 6 desa binaan, Dinas Parawisata, bersama Dinas Pemerintah Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, selalu melakukan monitoring, di sejumlah lokasi wisata tersebut.
“Saya mengimbau, kepada pemerintah desa dalam hal ini sangadi atau kepala desa jika ingin membangun lokasi wisata alangkah baiknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait, sehingga tidak terjadi tumpang tindih, ” ujarnya.(*)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*