Caleg Boltim Mulai Perang Alat Peraga Kampanye

BOLTIM-Memasuki pemilihan umum (pemilu) pada bulan April 2019, para calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai pasang kuda-kuda. Perang alat peraga kampanye (APK) seperti bener, baliho dan spanduk mulai ramai terpampang di pinggiran jalan dan dihalaman rumah warga.

Amatan wartawan media ini, Kamis (10/1/19) sepanjang jalan trans Kotabunan, Tutuyan hingga Modayag sejumlah stiker caleg menempel di rumah warga. Spanduk membentang di pekarangan rumah. Pun baliho berbagai ukuran nampak terlihat.

Menyikapi gambaran tersebut, salah satu tim sukses caleg dari Partai Demokrat, Djumadi Bawenti menyebutkan, pemasangan baliho atau APK ini agar warga sebagai pemilih bisa mengetahui caleg-caleg yang akan mereka pilih di bulan April nanti. “Pemasangan baliho untuk memperkenalkan caleg kepada masyarakat. Supaya pada pemilihan nanti mereka masyarakat sudah tahu caleg mana yang dipilh, ” terangnya.

Selain perkenalan lewat APK, caleg juga kata dia perlu berbaur dengan masyarakat. “Selaku tim sukses tugas kami memperkenalkan caleg kami, agar bisa meraih kursi di DPRD Boltim, ” tukasnya.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim, Jamal Rahman mengatakan terkait APK partai peserta pemilu sudah di atur dalam PKPU, bahwa KPU yang menyediakan APK dan lokasi pemasangannya juga telah ditentukan oleh KPU.

Namun bagi para caleg diberikan kewenangan untuk untuk mencetak baliho sendiri, tapi desainya harus lewat partai kemudian desain APK tersebut dimasukan ke KPU. “Semua caleg diberikan kewenangan membuat APK pribadi seperti baliho dan spanduk atas rekomendasi partai. Untuk pemasangan APK pribadi harus di lahan atau tanah warga yang disertai dengan izin dari sipemilik lahan tersebut. Jadi bagi para caleg silakan pasang baliho dan spanduk sesuai aturan, ” tegasnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*