Anggaran RTLH Naik Jadi 20 Juta per Unit 

BOLTIM-Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rudi Malah mengatakan di tahun anggaran 2019, anggaran untuk pembangunan rumah tinggal layak huni (RTLH) naik menjadi Rp20 juta satu unit.
Kata dia, yang sebelemunya dana untuk RTLH hanya Rp17,5 juta kini menjadi Rp20 juta, ada ketambahan Rp2,5 juta.
“Ketambahan anggaran ini untuk biaya bahan dan biaya sewa bas yang sebelumnya hanya Rp 2.5 juta per unit, kini menjadi 3.5 juta per unit, ” kata Rudi, Rabu (9/1/19).
Dia juga mengatakan, tahun ini jumlah RTLH yang diprogramkan Dinsos sebanyak 750 unit, dengan anggaran sebesar Rp1,5 miliar. “Sesuai dengan data verifikasi dilapangan atau dari masing-masing sangadi jumlah RTLH ada 750 unit. Semua sudah melewati tahap tinjauan dari kami bahwa penerima memiliki lahan untuk pembangunan RTLH, ” katanya.
Sementara untuk pembangunan akan di mulai awal Februari 2019 dan akan menggunakan baja ringan. “Tidak memakai kayu lagi, karena pengalaman lalu banyak penyedia atau pihak ketiga membangun rumah menggunakan kayu yang tidak berkualitas, ” kata dia.
“Sebelum bulan ramadaon tiba dan masyarakat penerima bantuan sudah bisa tinggal ditempat yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah, ” tambahnya.
Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan sebelum masa jabatannya berakhir semua warga Boltim yang belum memiliki rumah dan tanah sudah harus punya tanah dan rumah sendiri. “Target saya di 2019 program RTLH tuntas, ” ujarnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*