Alsintan akan Sejahterakan Petani Boltim 

BOLTIM-Guna mensejahteraka para petani di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemkab Boltim akan melaksanakan program kesejahteraan petani.
Menurut Kepala Distanak Boltim Raden Setiono, sebagian besar penduduk di Boltim bekerja sebagai petani dari berbagai sektor pertanian, sehingga tentunya pengembangan dibidang pertanian perlu dilakukan. “Tahun ini kami akan melaksanakan program pro kesejahteraan petani, ” kata Setiono, Jumat (24/1/19).
Setiono mengatakan program tersebut yakni program mekanisasi pertanian yakni alat mesin pertanian (alsintan) yang  berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan petani dan tingkat produksi tanaman pangan, sehingga minat warga Boltim terjun ke sektor pertanian semakin tinggi.
“Bantuan alsintan mampu menekan biaya operasional 35 persen hingga 48 persen dalam produksi petani. Dulu tanpa kemajuan mekanisasi ini, petani bisa membajak sawahnya 1 hektar berhari-hati, tapi ini cukup 2 hingga 3 jam saja, ” jelasnya.
Menurut dia dengan penggunaan alsintan modern, meningkatkan nilai tambah petani karena proses pengolahan dan panen yang cepat. Dengan demikian, produksi yang dicapai petani lebih tinggi, pendapatan petani pun ikut naik.
Selain itu, lanjutnya, penggunaan alsintan ini pun mendorong generasi muda Boltim untuk terjun ke sektor pertanian. Sebab, mekanisasi pertanian telah mengubah pandangan masyarakat mengenai bertani. “Dengan alat yang modern, petani bisa olah tanah, tanam, panen sambil telepon dan pakaian yang rapih. Ini mengubah mindset, ” terangnya.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*