Pimpin Rapat Diruangan Media Senter, Udel Tekankan Wartawan Harus Beretika dan Berestetika 

BOLTIM-Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar rapat evaluasi bersama wartawan media cetak dan elektronik yang meliput diwilayah Boltim.

Rapat yang di gelar diruangan media center kantor Kominfo pada Jumat (23/11/18), dipimpin langsung Sekertaris Dinas Kominfo Udel Simbala, didampingi Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Safrial Manangin.

“Ini adalah rapat evaluasi untuk media dan wartawan biro Boltim. Apa yang menjadi kendala pada tahun 2018 ini harus diselesaikan agar ketika masuk tahun anggaran 2019, semua bisa berjalan lancar terutama menyangkut koran yang sering tidak masuk dan masalah pemberitaan, ” kata Udel.

Selain hal tersebut, Udel menekankan kepada wartawan dalam menjalankan tugas sehari-hari meliput berita mengendepan etika. Yang artinya, ketika melakukan konfirmasi berita kepada narasumber harus dengan tutur kata yang sopan. Hal yang penting juga bagi seorang jurnalis adalah estetika atau cara berpakaian yang rapih. Profesi wartawan adalah pekerjaan mulai, sehingga perlu ditopang dengan penampilan agar ketika melakukan konfirmasi, narasumber merasa nyaman.

“Ada narasumber pernah mengeluh ke saya katanya ada wartawan saat datang konfirmasi berita keadaannya tidak menyenangkan sehingga untuk menghindar dari wartawan tersebut terpakas dia beralasan sudah janjian dengan orang lain. Etika dan estika harus kita tanamkan dalam diri, sebab tugas wartawan ini sangat mulia karena menyampaiakan informasi kepada masyarakat lewat berita, ” kata dia.

Udel mengatakan untuk menghadapi tahun anggaran 2019, semua media yang kerja sama dengan Pemkab Boltim, segera masukan penawaran paling lambat tanggal 5 Desember. “Media yang belum masukan penawaran segera dimasukan untuk dilakukan verifikasi, agar saat masuk tahun anggaran baru kerja sama ini langsung jalan, ” katanya.

Dia menambahkan saat ini Dinas Kominfo telah menyediakan ruangan media center juga akan dilengkapi dengan fasilitas wifi, sehingga wartawan wajib bikin berita di media center. “Fasilitas kita sediakan, jadi mulai Januari 2019 wartawan wajib berada di media center bikin berita, ” tukasnya.(fal)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*