2019 Wartawan Boltim Wajib Bikin Berita Diruangan Media Center 

BOLTIM-Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Udel Simbala menegaskan bahwa mulai tahun anggaran 2019, semua wartawan media cetak dan media elektronik yang meliput diwilayah Boltim diwajibkan bikin berita diruangan media center. “Kominfo sudah sediakan ruangan media center, jadi semua wartawan biro Boltim wajib bikin berita diuarangan tersebut, “ kata Udel, Senin (19/11/8).

Udel menekankan aturan ini harus diberlakukn supaya bisa diketahui wartawan tersebut meliput atau tidak, sebab kebanyakan ada wartawan tak terlihat dilokasi liputan tapi beritanya ada. Media yang setiap harinya ada berita tapi wartawannya tidak pernah kelihatan di tempat kata dia itu wartawan copy paste. Di Boltim kedepan tak ada lagi wartawan seperti itu, karena fungsi media menempatakan wartawan biro, untuk meliput diwilayah tersebut.

“Terhitung mulai bulan Januari 2019, aturan ini akan kita terapkan. Jam 16.00 wita, sampai jam 19.00 wita atau jam 7 malam wartawan harus berada di Kantor Kominfo buat berita. Silakan juga saling tukar berita asalkan diruangan mdia center. Tetapi, jika ada wartawan tak terlihat ditempat, maka berita yang dimuat atau terbit di media tersebut tidak dihitung. Jadi, berita yang kita hitung media yang wartawan-nya berada di media center, ” tegasnya.
Senada ditegaskan Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi, Safrial Manangin. Menurut dia, penerapan aturan ini adalah sangat adil bagi wartawan, karena tugas wartawan meliput, mendengar dan wawancara atau konfirmasi narasumber. “Aturan ini adalah proporsioanal, sehingga ketika kami memberikan media order advertorial, benar-benar diberikan kepada wartawan yang setiap harinya berada diwilayah liputan. Pada intinya, media ataupun wartawan yang masukan penewaran kami tetap menerima asalkan mengikuti aturan, “ tandasnya.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*