Tiga Bacaleg di Boltim Dinyatakan TMS 

BOLTIM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 dari tiga belas partai yang terndaftar di KPU Boltim, Minggu (12/8/18).

Menariknya, dari 193 bacaleg yang terdaftar, 3 diantaranya tidak memenuhi syarat atau TMS. Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman mengatakan DCS bacaleg sudah diumumkan namun dari 193 bacaleg ada 3 bacaleg yang terdaftar dua partai politik (parpol) TMS. “Hasil verifikasi yang dilakukan KPU ditemukan tiga orang bacaleg di dua parpol tidak memenuhi syarat, masing-masing dari daerah pemilihan (dapil) satu dan dapil dua, ” kata Jamal.

Jamal menjelaskan sesuai dengan aturan, calon yang telah dinyatakan TMS tidak bisa diganti. Pergantian calon hanya bisa dilakukan parpol apabila ada yang meninggal dunia. “Berdasarkan Peraturan KPU atau PKPU nomor 20 tahun 2018, disebutkan bacaleg yang sudah ditetapakan DCS kemudian meninggal dunia dapat diganti, ” jelasnya.

Dia juga mengatakan untuk Boltim kemungkinan TMS bacaleg kemungkin paling sedikit dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di Sulawesia (Sulut). “Boltim hanya tiga yang TMS. Manado sesuai data yang saya terima ada 20 bacaleg yang tidak memenuhi syarat, ” terangnya.

Kepada masyarakat Jamal meminta setelah penguman DCS ini agar dapat memberikan masukan atau tanggapan terkait persyaratan bakal calon sebagaimana disyaratkan dalam PKPU nomor 20 tahun 2018 dan ketentuan perundang-undang yang berlaku. “Tanggapan masyarakat disampaikan kepada KPU Kabupaten Boltim secara tertulis dengan melampirkan identitas diri yang jelas paling lama sepuluh hari sejak tanggal 12 Agustus 2018 sampai dengan 22 Agustus 2018 sesuai Jam kerja, ” tukasnya.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*