Pemkab Imbau Waspada Kebakaran

BOLTIM-Dimusim kemarau yang saat ini mulai terjadi Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kabupaten Bolaang Mongongondow Timur (Boltim), warga  diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Boltim Elvis Siagian mengatakan, terkait kewaspadaan kebakaran warga  dapat mengurangi aktifitas pembakaran lahan dan hutan serta rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga, demi meminimalisir terjadinya kebakaran lahan hutan, perkebunan dan pemukiman warga. “Bencana kebakaran, kerab terjadi saat musim kemarau seperti sekarang ini, hal tersebut harus kita hindari, ” kata Elvis, Senin (6/8/18).

Menurutnya, hal penting juga yang perlu diwaspadai yakni kewaspadaan dari warga sendiri dalam menghindari musibah kebakaran. Misalnya, warga harus selalu mengecek instalasi aliran listrik di rumah maupun tempatnya bekerja. “Pada saat meninggalkan rumah dalam keadaan tidak ada yang menjaga, juga penting memastikan listrik maupun peralatan dapur seperti kompor sudah mati. Demikian pula dengan puntung rokok serta obat nyamuk bakar, ” kata dia.

Elvis juga mengatakan, menjaga serta merawat sumber mata air bersih perlu dilakukan agar dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan warga masyarakat. “Segera menginformasihkan kepada instansi terkait apabila ada wilayah atau desa yang mengalami krisis air bersih agar segera dapat di lakukan tindakan penyaluaran bantuan air bersih, ” katanya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*