Ikhlas: Tidak Ada Calon Yang Daftar Pjs Sangadi di Pecat 

BOLTIM-Pendaftaran bakal calon sangadi (bacasang) di 17 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) secara resmi telah di buka panitia pemilihan sangadi (pilsang) desa. Namun pasca pendaftaran di buka seminggu yang lalu, bakal bakasang yang mendaftar masih minim.
Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Boltim, Ikhlas Pasambuna mengatakan laporan yang dia terima dari masing-masing panitia pilsang desa dimana bakal calon sangadi yang mendaftar masih minim, bahkan ada desa belum ada calon yang pendaftarkan diri.
“Pemerintah daerah mendukung program terkait pilsang, tetapi kalau hanya satu orang yang mendaftar terpaksa pilsang akan ditunda, ” kata Ikhlas, Senin (20/8/18)
Menurutnya jika sampai dengan pendaftaran bakasang di tutup maka pejabat sementara (Pjs) sangadi harus mencari solusinya, seperti tetap melakukan koordinasi dan sosialisasi ke masyarakat sampai dengan batas pendaftaran. “Jika tidak ada yang sosialisasikan untuk mendapatkan bakal calon sangadi maka itu ada indikasi Pjs sangadi suka berlama-lama dengan jabatannyan sebagai Pjs, ” katanya.
Ikhlas menegaskan konsekuensi bagi Pjs yang sengaja menggagalkan pilsang atau tidak memanfaatkan waktu untuk mencari dua atau lebih dari tiga calon, pemerintah daerah akan ambil ketegasan Pjs sangadi tersebut akan diganti. “Apabila hal tersebut terjadi, maka Pjs dianggap gagal sehingga pemerintah daerah harus menggantinya dengan yang lain, ” tegasnya.
Lanjut dia, batas pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 13 September 2018, untuk itu kepada Pjs sangadi di 17 desa dapat bekerja maksimal agar pilsang dapat terlaksana. “Anggaran sudah kami sediakan, jadi Pjs harus bekerja sesuai tugas yang diamanatkan kepadanya. Sebab, ketika pendaftaran di tutup dan tidak ada calon yang mendaftar konsekuensinya pilsang ditunda dan Pjs sangadi di desa itu dipecat, ” tegas dia.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*