Atasi Sampah, DLH Buat Program Bank Sampah

BOLTIM-Guna mengatasi masalah sampah warga yang terus mengalami peningkatan dikarenakan belum adanya tempat pembuangan akhir (TPA), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana membuat program bank sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Boltim, Sjukri Tawil mengatakan karena Boltim belum memiliki TPA, maka DLH akan mencanangkan program bank sampah.

“Bank sampah akan segera dibuat. Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan menjadi desa pertama yang akan mendapatkan program tersebut, ” kata Sjukri, Selasa (7/8/18).

Program bank sampah ini menurut dia kerja sama dengan Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dengan DLH Pemkab Boltim. Untuk anggota atau petugas bank sampah diambil dari Desa Tombolikat berjumlah sepuluh orang.

“Petugas 10 orang. Target kami bulan September 2018 ini bank sampah mulai dibuat sekaligus dengan peralatannya, yakni mesin pencacah plastik dan peralatan lain, ” kata Sjukri.

Dia berharap melalui program tersebut masyarakat bisa lebih memproduksikan sampah menjadi bahan yang memiliki nilai jual sebab selama ini masih banyak sampah yang berserakan karena tidak ada TPA.

“Khusus sampah plastik itu sangat berguna. Semoga dengan adanya program ini sampah-sampah bisa diproduksi dan Boltim lebih teratur, ” imbuhnya.

Sementara menurut warga Boltim, program ini jangan hanya sekedar disampaikan saja, tapi harus direalisasikan langsung kepada masyarakat. “Mudah-mudahan bukan hanya rencana, tapi harus benar-benar ada realisasinya dan kami akan menunggu, ” tegas warga yang meminta nama mereka tak disebutkan.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*