ASN Bisa Ikut Calon Sangadi 

BOLTIM-Tahapan pemilihan Sangadi (Pilsang) di 17 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sudah dimulai sejak tanggal 3 Agustus 2018, bahkan 17 desa tersebut telah membentuk panitia pilsang desa.

Menariknya, selain masyarakat yang bisa mencalonkan diri, abdi sipil negara (ASN) juga bisa ikut berpartisipasj dalam mencalonkan sebagai sangadi.
.
“Semua warga memiliki hak politik dipilih atau pun memilih, termasuk ASN asalkan kriterianya sesuai aturan yang berlaku, namun bagi ASN harus ada izin dari bupati atau minimal dari Sekretaris Daerah berupa surat rekomendadi, ” kata Ikhlas, Rabu (8/8/18)

Rekomendadi atau izin pimpinan menjadi syarat lolos berkas pada verifikasi berkas di panitia pilsang tingkat desa. “Jika ASN tidak mengantongi izin dari atasan, dan memaksakan kehendak mendaftar sebagai bakal calon, sudah dipastikan pasti akan terganjal.

Sementara Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa mengatakan ASN yang ingin ikut berlaga dalam pilsang tahun ini, harus mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pencalonan. Termasuk pakta integritas tidak melakukan penyalagunaan anggaran dan siap tidak menjabat apapun di pemerintahan. “Syarat ini yang harus di patuhi jika ASN mau ikut calon sangadi, ” kata Musa.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*