H-3 Belum Ada Parpol Yang Daftarkan Caleg

BOLTIM-Memasuki hari ke 13 atau H-3 pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) masih nihil. Artinya belum ada partai politik (parpol) yang datang daftarkan bacalegnya di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Ketua KPUD Kabupaten Boltim, Jamal Rahman mengatakan sistemnya menunggu saja. Hingga saat ini belum ada informasi dari parpol, kapan akan mengantarkan berkas. “Kita hanya menunggu, karena setiap hari KPUD melayani, asalkan tidak lewat pada yang telah ditentuka, ” kata Jamal, Sabtu (14/7/18).

Meski belum ada yang mendaftar dan belum ada informasi kapan mereka mendaftar, namun pihaknya sudah menerima konsultasi dari pengurus-pengurus partai.

“Iya mereka pengurus partai datang untuk konsultasi saja. Untuk kapan mereka mendaftar belum ada informasi, kapan mendaftar, ” terangnya.

Dia juga menegaskan bakal calon legislatif yang pernah terlibat kasus hukum, seperti bandar narkoba dan eks narapidana korupsi tak bisa mencalonkan diri sebagai Caleg. Sebab dalam PKPU nomor 20 tahun 2018, bakal calon yang pernah dihukum berdasarkan putusan pengadilan dalam kasus narkoba atau sebagai bandar/pengedar dan korupsi tidak bisa menjadi Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota. “Ini adalah PKPU tentu harus dilaksanakan oleh KPU. Bagi eks narkoba pengguna atau pemakai bisa. Tapi bandar atau pengedar dan korupsi dalam PKPU, ditolak mencalonkan diri sebagai anggota DPR dan DPRD, ” terangnya.

Sembari menambahkan KPU tetap stand by setiap hari sampai batas waktu tanggal 17 Juli 2018 nanti. “Jika ada paprol yang mendaftarkan caleg pengedar narkoba maupun korupsi, kami pastikan langsung dicoret, ” tegas pria yang pernah bergelut di dunia jurnalis ini.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*