Dinkes Tonjolkan Program Lababa di  Pameran Inovasi Publik

BOLTIM-Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti pameran inovasi publik di Kota Manado. Pameran tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 4 sampai 6 tanggal Juli 2018

Dalam pameran ini Dinkes Boltim mengandalkan program unggulan, yakni program lahir bayi bawa akte (Lababa).

Kepala Dinkes Pemkab Boltim, Eko Marsidi menyatakan bahwa program Lababa ini adalah gagasan atau inovatif dari Puskesmas Nuangan. “Puskesmas Nuangan yang pertama kali di usulkan menggas program ini pada tahun 2017, sehingga dalam pameran kali kita proram ini yang kita tonjokan sebagai program unggulan, ” kata Marsidi, Kamis (5/7/18).

Dia menjelaskan tujuan utama dari program ini yakni untuk menarik minat dari ibu untuk bersalin difasilitasi dengan pelayanan kesehatan dan ditolong oleh tenaga kesehatan. “Tahun 2018 ini program ini sudah diikuti oleh semua Puskesmas di Boltim, ” terangnya.

Dia juga mengatakan bahwa Lababa merupakan program yang digagas atas kerjasama lintas sektoral yaitu pemerintah desa, pemerintah Kecamatan, tokoh masyarakat dan Dinas Kependudkan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Dimana setelah melakukan persalinan dan perawatan di puskesmas ibu akan langsung mendapatkan akte kelahiran dari anak tersebut. “Dalam kurun waktu tahun 2017-2018 sudah sebanyak 339 bayi yang telah mendapatkan program ini, ” terangnya.

Harapannya, program inovasi ini mampu menurunkan angka kematian neonatal, bayi dan ibu serta meningkatkan kunjungan ibu bersalin ke fasilitas pelayanan kesehatan serta dapat menjadi motivasi daerah lain dalam peningkatan pelayanan prima pada masyarakat. “Semoga program ini mampu menurunkan angka kematian neonatal, ” ujarnya.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*