Harga Cabai Tembus Rp100 Ribu Per Kg 

POSTotabuan.com, BOLTIM-Harga bahan pokok berupa sembako dan bumbu dapur di sejumlah Pasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kini mengalami lonjakan harga.

Penelusuran harian ini di Pasar Buyat dan Pasar Kotabunan, Senin (21/5/18) kemarin, cabai per kilogram dijual pedagang dengan harga Rp100. Padahal, sehari sebelumnya masih diangka Rp30 ribu per kg.

Begitu pun dengan bawang merah kini dihargai Rp45 ribu/kg, dari harga sebelumnya Rp30 ribu. Sementaran harga bawang putih yang sebelumnya Rp25 ribu kini naik Rp35 ribu, tomat dijual Rp10 ribu kini naik Rp20 ribu per kg.

Menurut para pedagang lonjakan harga ini mulai terjadi pada Senin kemarin. “Lonjakan harga bahan pokok ini sudah kami prediksikan sebelumnya, ” kata pedagang pasar Buyat, Raiba Modeong.

Sementara menurut sejumlah pedagang di pasar Kotabunan, kenaikan atau lonjakan cabai rawit ini dikarenakan stok dari petani di Boltim kurang sehingga diduga hal itu yang menyebabkan harganya naik. “Stok rica dari para petani kurang sehingga harga jadi melonjak, ” kata  Ma Eda, salah satu pedagang pasar Kotabunan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM(Perindagkop-UKM) Pemkab Boltim Ramlah Mokodompis mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan stabilitas harga di pasaran. “Kita pantau terus harga di pasaran, kepada tengkulak atau pengumpul agar tidak memper mainkan harga dipasaran, karena itu melanggar undang-undang konsumen, ” tegasnya.(rul)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*