Pekan Depan BPK Lakukan Audit Rinci

POSTotabuajn.com, BOLTIM-Setelah menerima Loparan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) limas belas kabupaten/kota dan satu provinsi. Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, akan melakukan pemeriksaan keuangan daerah secara rinci yang rencananya pada minggu kedua bulan April atau pekan depan.

Sekertaris daerah (Sekda) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Muhammad Assagaf mengatakan sesui informasi dari BPK, untuk pemeriksaan rinci pada minggu kedua bulan April tahun 2018. Sehingga bagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) segera mempersiapkan dokumen. “Sebelum BPK masuk SKPD sudah siap dengan dokumen masing-masing, ” kata Assagaf, Kamis (4/4/18).

Dia juga meminta bagi SKPD, waktu pemeriksaan pendahuluan lalu ada catatan segera lakukan perbaikan. Ini penting diingatkan kepada SKPD mengingat pemeriksaan rinci tahun ini sudah lebih ketat dari tahun lalu. “Saya berharap ketika BPK sudah masuk melakukan pemeriksaan tidak ada kendala, sehingga tentu harus disiapkan dokumen yang lengkap, ” tegasnya.

Yang paling pokok juga kata Assagaf ketika diperiksa oleh BPK, semua yang terlibat dengan penggunaan keuangan daerah harus kopertif. “Saya ingatkan ketika sudah pemeriksaan rinci, semua pihak yang terlibat yakni pejabat pembuat teknis kegiatan (PPTK), bendahara dan  pengguna anggaran (PA) harus kopertif, agar apa yang menjadi tujuan kita meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang kelima kalinya bisa terwujud, ” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Daerah Pemkab Boltim, Meike Mamahit mengatakan setelah penyerahan LKPD, akan dilakukan pemeriksaan rinci oleh BPK sebagai lanjutan dari pemeriksaan pendahuluan yang baru berakhir pekan lalu. “Mereka akan berada di daerah tanggal 12 April, untuk melakukan pemeriksaan rinci selama kurang lebih 40 hari kedepan, ” katanya.

Dia mengaku optimis Pemkab Boltim akan kembali meraih opini WTP yang kelima kalinya karena data-data yang diminta pihak BPK sebagian telah dipenuhi. “Mudah-mudahan SKPD tetap kooperatif, karena itu sangat berpengaruh, ” harapnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*