Dana Desa Bisa Digunakan Beli Tanah TPA

POSTotabuan.com, BOLTIM-Permasalahan tempat pembuangan sampah warga yang sampai sekarang tak ada titik terangnya, disebabkan belum tersedianya Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kini permasalahan tersebut ada solusinya dari pemerintah daerah, dimana dana desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk desa, dibolehkan untuk beli tanah untuk TPA.

Solusi ini muncul ketika Sangadi Bulawan, Kecamatan Kotabunan, Suleman Lendongan menyakakan kepada bupati Sehan Landjar saat rapat forkopimda. Pada rapat tersebut Suleman bertanya kepada bupati apakah dana desa bisa dibelikan tanah untuk tempat pembuangan sampah seperti di Desa Ratatotok, Minahasa Tenggara (Mitra). Pertanyaan tersebut pun dijawab Sehan, kata dia kalau untuk beli tanah boleh dianggarkan lewat dana desa tetapi harus kerja sama dengan desa lainnya. Misalkan, di Kotabunan bersatu dan Bulawan berastu. Diwilayah ini ada enam desa maka ke enam desa tersebut harus patungan supaya tanah yang dibeli tidak mubazir.

“Tanahnya jangan beli sendiri-sendiri harus patungan supaya tidak mubazir, sebab TPA desa hanya untuk pembuangan sampah sementara karena Pemkab Boltim telah menyediakan lahan TPA, tinggal menunggu rencana tata ruang wilayah (RTRW) disahkan, ” kata Sehan.

Sehan menjelaskan sepanjang tidak menyalahi aturan, dana desa bisa digunakan beli tanah dengan ketentuan untuk kepentingan umum.

“Sesuai aturan dan juknis pemerintah pusat, dana desa untuk pemberdayaan masyarakat, tetapi kalau ada hal yang penting maka dana desa bisa dipakai dengan syarat penggunaan jelas dan tidak fiktif, ” terangnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*