Muhammad Assagaf

80 Desa Mulai Nikmati Dana Desa, Assagaf Ingatkan Penggunaan Sesuai Peruntukan

PT, BOLTIM-Delapan puluh desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai menikmati Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama sebesar dua puluh persen. Pantauan media ini, kantor kas Bank Sulut Gorontalo (BSGo) di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) dipadati para sangadi dan sekertaris desa (Sekdes) guna melakukan pencairan dana.

“DD dan ADD kami sudah cair, tinggal realisasinya, ” kata Sangadi Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan Alfian Mamonto, Rabu (11/4/18).

Sementara sekertaris daerah (Sekda) Pemkab Boltim, Muhammad Assagaf menyatakan DD dan ADD tahap satu ini harus digunakan sesuai peruntukan.

“Saya terus mengingatkan sangadi (kepala desa) agar berhati-hati dalam menggunakan dana desa dan ADD sesuai peruntukan, mengingat setiap tahun alokasinya terus meningkat setiap tahun,” katanya.

Menurutnya, dana desa tidak boleh digunakan untuk kegiatan yang tidak menguntungkan pengembangan desa. Dana tersebut harus sesuai atau selaras dengan RPJMDes dan RKPDes. Sebab, peraturan mentri desa (permendes) nomor 5 tahun 2015 menyatakan bahwa prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan desa harus memenuhi empat prioritas utama yaitu, pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Jika tidak menggunakan DD sesuai prioritas peruntukan, maka bisa dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini penting untuk diketahui para sangadi¬† tidak ada yang terkena kasus, ” ujarnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*