Rusmin Mokoagow (foto:ist)
Rusmin Mokoagow (foto:ist)

Dukcapil Turun ke Desa Rekam Data e-KTP

POSTotabuan.com, BOLTIM- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan turun hingga ke desa-desa untuk melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Pasalnya, hingga saat ini warga Boltim belum semua merekam data untuk e-KTP.

“Laporan dari sejumlah sangadi atau kepala desa masih ada warga belum memiliki e-KTP, maka Dukcapil akan turun melakukan perekeaman di DesaKotabunan, Kecamatan Kotabunan, yang rencana jadwalnya pada hari Sabtu dan Minggu pekan ini, sehingga bagi warga desa tetangga yang ada di Kecamatan Kotabunan yang belum miliki e-KTPuntuk sama-sama melakukan perekaman, “ kata Kepala Dukcapil Boltim, Rusmin Mokoagow, Jumat (23/3/18).

Rusmin mengatakan, perekaman di desa dilakukan pada Sabtu dan Minggu dikarenakan Senin sampai Jumat adalah hari kerja, disamping itu alat perekam hanya satu unit, sehingga jadwal perekaman diambil pada hari libur agar tidak mengganggu aktifitas kantor. “Kita harapkan ada kerja sama yang baik dari warga, agar ketika kita turun waktunya tidak sia-sia, “ katanya.

Rusmim juga berharap, tak hanya desa-desa di Kecamatan Kotabunan tapi desa lain juga yang ada di Kecamatan Tutuyan, Kecamatan Motongkad, Kecamatan Nuangan, Modayag, Modayag Barat dan Kecamatan Mooat dapat melaporkan penduduknya yang belum miliki e-KTP. Artinya, harus jemput bola dimana sangadi harus proaktif agar program Dukcapil bisa sinkron dengan pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa. “Sangadi harus proaktif melaporkan data kependudukan warga, sebab masalah e-KTP sangat penting, “ jelasnya.

Meskipun demikian Rusmin mengakui soal data kependudukan baik pembuatan e-KTP, kartu keluarga (KK) akta lahir maupun data lainnya sampai kapanpun tak akan capai seratus persen. Pasalnya, Setiap hari ada yang kawin, lahir, mati dan bertambah umur, begitu juga di Dukcapil setiap hari ada pembuatan e-KTP, KK dan pembuatan administrasi lainnya. “Jadi, pekerjaan Dukcapil tidak akan pernah selesai, “ terang mantan Camat Nuangan ini.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*