DD/ADD, 19 M Masuk Rekening Desa

POSTotabuan.com,BOLTIM- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Slamet Umbola mengatakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap pertama sebesar 20 persen sudah masuk rekening kas desa masing-masing.

“Pemkab sudah melakukan pemindahbukuan dari rekening kas umum daerah (RKUD) ke rekening kas desa (RKD). DD sebesar Rp11,8 miliar dan ADD Rp7,6 miliar, total keseluruhan anggaran yang masuk rekening di 80 desa sebesar Rp19,4 miliar, ” kata Slamet, Minggu (4/3/18).

Menurutnya, meskipun dananya sudah masuk rekening namun pemerintah desa belum bisa langsung mengelola dana tersebut untuk kegiatan di desa.

Pasalnya, mekanisme pengelolaan dana desa tahap pertama berbeda dengan tahun lalu. Dimana dokumen harus dipenuhi dulu oleh pemerintah desa baru bisa cair.

“Proses pencaiaran dana harus masukan dokumen Perdes, APBDes dan dokumen RKPDes. Tidak masukan dukumen ini anggaran tidak bisa dicairkan, ” terangnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Fitra Damopolii. Menurutnya, dana desa dan alokasi dana desa sudah ditransfer bersamaan ke rekening desa masing-masing. Namun belum bisa dicairkan karena setiap desa masih harus memasukan dokumen yang menjadi syarat pencairan.

“Harus masukan dokumen dulu baru dana bisa dicairkan, ” jelasnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*