Tapem dan Bagian Hukum Matangkan Perbup Pilsang

POSTotabuan.com, BOLTIM-Pemilihan Sangadi (Pilsang) untuk tujuh belas desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yang rencana awal tahapannya di laksanakan pada awal bulan februari 2018 ini. Di pastikan akan bergeser pada bulan mey. Hal ini di katakan Kepala Bagian Tata Pemerintah (Tapem) Boltim Ikhlas Pasambuna, Jumat (9/2/18).

Ikhlas mengatakan untuk pilsang di tujuh belas desa kemungkin tahapannya belum bisa dilaksanakan februari ini. Pasalnya, kata dia, peraturan bupati (perbup) tentang pilsang sementara dalam penyusunan yang kemungkinan akan selesai pada pertengan februari.

“Tapem dan bagian Hukum saat ini sementara menyusun dalam artian mematangkan perbup. Sehingga ketika perbup-nya di tetapkan benar-benar sesuai kajian, ” kata Ikhlas, yang di benarkan oleh Kabag Hukum Boltim, Hendra Tangel.

Lanjut Ikhlas, setelah perbup selesai akan langsung di sodorkan ke pak Bupati Sehan Landjar, untuk di koreksi atau meminta catatan apa-apa yang akan di rubah kalau pun memang ada perubahan. “Kita minta saran dan pendapat dulu dari pak bupati terkait perbup pilsang sebelum di tetapkan, ” terangnya.

Sementara menurut Ikhlas untuk jadwal dan tahapan pilsang, kemungkinan di laksanakan pada bulan april-mey. “Bulan april mulai tahapan dan bulan mey pemilihan. Sengaja jadwal pilsang kita laksanakan mey karena bertetapan dengan bulan puasa. Alasannya, karena kalau bulan puasa para calon sangadi dan simpatisan atau warga desa yang menggelar pilsang bisa menahan diri, ” ujarnya.

Di tambahkannya, adapun tujuh belas desa yang menggelar pilsang serentak, yakni Kecamatan Kotabunan tiga desa di antaranya, Desa Buyat, Desa Buyat Satu dan Desa Buyat Dua. Kecamatan Mooat yakni, Desa Mooat dan Desa Bongkudai Baru. Kecamatan Modayag Barat yakni Desa Bongkudai, dan Desa Bongkudai Barat. Kecamatan Modayag yakni Desa Badaro dan Desa Purworejo Tengah. Kecamatan Nuangan yakni Desa Loyow dan Desa Iyok. Kecamatan Motongkad dua desa yakni Desa Motongkad dan Motonkad Utara. Untuk Kecamatan Tutuyan empat desa, masing-masing Desa Tombolikat, Tomobilakat Selatan, Desa ayumoyondi, Desa Tutuyan Dua dan Tutuyan Tiga.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*