Tahun ini Lansia di Boltim Mulai Nikmati Jaminan Hari Tua

POSTotabuan.com, BOLTIM-Program Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, yakni jaminan hari tua (JHT) atau pemberian santunan untuk warga Boltim yang sudah lanjut usia (lansia). Tahun 2018 ini mulai dilaksanakan oleh Pemkab Boltim.

Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Boltim Oskar Manoppo mengatakan untuk program JHT mulai dilaksanakan tahun ini. Sesuai dengan perhitungan anggaran, ada seribu lima ratus orang lansia masuk daftar penerima.

“Setiap lansia mendapatkan Rp2 juta. Cara pembagiannya bisa langsung Rp2 juta, atau juga per empat bulan yakni Rp500 ribu, ” kata Oskar, baru-baru ini.

Petunjuk dan teknis (juknis)  penyaluran uang, Pemkab Boltim mengaju pada juknis Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) kerana program semacam ini sudah terlaksana disana (Mitra,red) sejak beberapa tahun lalu.

“Juknisnya kita ikut Mitra. Namun sebelum penyaluran, akan dibuatkan peraturan bupati (perbup)-nya, setelah itu dilakukan pendataan dilapangan melalui tim siap-siapa lansia yang berhak mendapatkan santunan. Jadi tidak serta dia itu lasia lalu mendapatkan JHT. Ada mekanisme. Artinya, yang berhak menerima program tersebut adalah lansia miskin, ” terang Oskar.

Sementara Bupati Sehan Landjar mengatakan program JHT dikhususkan bagi para lansia diatas 65 tahun, yang mana mereka tak lagi produkftif atau tidak bisa bekerja mencari nafkah sendiri, sehingga dengan program ini tentu sangat membantu mereka.

“Lansia orang yang perlu dibantu, maka disitu negara hadir, ” kata Sehan.

Namun yang dimaksud Sehan, lansia yang wajib dibantu benar-benar miskin. “Kalau lansia anaknya kaya, tentu tidak berhak berhak mendapatkan program JHT ini, ” tegasnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*