Sehan Berencana Kuliahkan Para Sangadi

POSTotabuan.com, BOLTIM- Guna meningkatkan kualitas  para Sangadi untuk lebih cerdas, kreatif dan berinovasi. Bupati Bolaang Mongodow Timur, Sehan Landjar berencana kuliahkan para sangadi.

Sehan mengatakan tujuan para sangadi di kuliahkan agar mereka lebih paham tentang cara pengelolaan keuangan desa yang baik. “Setiap tahun dana desa yang di kucurkan pemerintah pusat terus bertambah. Sehingga itu saya perlu mengambil langkah bagi sangadi yang ber-ijazah SMA di kuliahkan untuk mengambil sarjana S1, supaya mereka lebih pahan tentang pengelolaan keuangan, ” ujar Sahan baru-baru ini.

Menurut Sehan, jika rencana menyekolahkan sangadi jalan maka Universitas yang nantinya akan kerja sama dengan pemerintah daerah, yakni Unversitas Gorontalo (UG). “Kalau rencana saya jalan, maka UG yang akan saya tunjuk dan langsung di buatkan memorandum of understanding (MoU), ” terangnya.

Namun kata Sehan, rencana ini masih akan dibicarakan lagi dengan pihak dinas terkait. “Harus ada kajian dulu dari instansi terkait supaya tidak menyalahi aturan, ” katanya.

Sehan juga berharap, sangadi yang hanya mengantongi ijazah SMP dapat mengambil paket setara dengan SMA supaya ketika mendapatkan ijazah SMA, bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebab menurutnya, tidak menutup kemungkinan lima sampai sepuluh tahun kedepan, yang di butuhkan pemerintah untuk memimpin desa mulai dari sangadi dan perangkat desa sudah harus sarjana S1 atau S2.

“Ini perlu di antisipasi mulai sekarang karena ketika pendapatan negara semakin kuat, tidak menutup kemungkinan gaji para kepala desa atau sangadi akan naik di atas Rp10 juta. Sehingga yang butuhkan menduduki jabatan tersebut tentu mereka yang punya ilmu akademisi yang lebih tinggi, paling kurang sarjana S1, ” tukasnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*