BPK Mulai Audit ABPD Boltim 2017, Sehan Minta SKPD Koperatif Saat Pemeriksaan

POSTotabuan.com, BOLTIM-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), terhintung mulai Selasa (6/2/18) sampai dengan empat puluh dua hari kedepan berada di Kabupaten Boltim, guna melakukan audit atau periksaan awal atas penggunaan keuangan daerah APBD Boltim tahun 2017 kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf mengatakan tim BPK yang berjumlah 6 orang akan berada di Boltim selama 43 hari untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan, ditambah 5 hari untuk pemeriksaan bantuan politik (banpol).

“Audit pendahuluan ini dimulai pada 6 februari dan akan berakhir hingga 19 maret 2018. Selesai pemeriksaan pendahuluan akan rehat sejenak menunggu laporan keuangan pemda, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan rinci kurang lebih 35 hari, ” terangnya.

Semenata Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar, meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Kabupaten Boltim untuk kooperatif dalam menghadapi pemeriksaan pendahuluan BPK. “Disamping ketepatan dalam perencanaan, pelaksanaan, asas manfaat dan pelaporan secara administratif, yang paling penting juga adalah kooperatif, “kata Sehan saat entry meeting dengan BPK kantor bupati, Selasa (6/2/18).

Sehan mengatakan, tidak menutup kemungkinan Pemda Boltim akan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bila semua pengelola keuangan siap dan tepat melaksanakan pelaporan. “Sebentar nanti saat BPK melakukan audit dan ternyata kalian pengelola keuangan lengkap dengan berkas dan tepat dalam penjelasan, maka tidak menutup kemungkinan opini WTP yang ke-5 kita akan peroleh, ” ujarnya.

Menurut Sehan, meski tidak ada larangan kepada para pengelola keuangan untuk tugas keluar daerah di masa pemeriksaan, namun harus memperhatikan efisiensi dan efektivitas dari tugas yang akan dilaksanakan. “Kalau nanti akan ada tugas keluar daerah tidak ada larangan, tapi lihat urgensi dan tingkat kepentingan, ” tegasnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*