BPBD Imbau Warga Waspada Kebakaran

POSTotabuan.com, BOLTIM-Memasuki puncak musim kemarau yang di perkirakan mulai bulan februari tahun 2018 ini, warga Kabupaten Boltim di imbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran. Meski tak sampai merenggut korban jiwa, namun kebakaran di Boltim sering terjadi, bahkan awal tahun ini musibah kebakaran sudah dua kali terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian mengatakan, musim kemarau diperkirakan akan terjadi awal februari. Terkait hal ini kata dia kewaspadaan perlu di antisipasi warga Boltim, terutama mereka yang berada di pesisir pantai Boltim. “Wilayah empat kecamatan di Boltim musim panas atau kemarau sering berkepanjangan. Ini harus di antisipasi agar kebakaran tidak terjadi di tengah-tengah kita, ” kata Elvis, Senin (5/2/18).

Kepada para Camat dan Sangadi juga diminta dapat menyampaikan hal-hal yang nantinya bisa terjadi di tengah masyarakat. “Meski musibah kebakaran maupuan musihbah lainnya sangat tidak kita inginkan antisipasi sangat perlu, makanya camat maupun sangadi sering-sering lah menyampaikan bahaya yang bakalan terjadi ketika musim kemarau, ” terang Elvis.

Begitu pula kata Elvis, antisipasi dan kewaspadaan dari warga sendiri juga sangat penting dalam menghindari musibah kebakaran. Misalnya, warga harus selalu mengecek instalasi aliran listrik dan kompor gas di rumah.

“Pada saat meninggalkan rumah dalam keadaan tidak ada yang menjaga, juga penting memastikan listrik maupun peralatan dapur seperti kompor sudah mati. Demikian pula dengan puntung rokok serta obat nyamuk bakar. Sebelum kita keluar rumah diperiksa dulu, supaya hal yang tak di inginkan tidak akan terjadi, ” imbuhnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*