Program Jaminan Hari Tua Masih Terkendala Aturan

POSTotabuan.com, BOLTIM- Program pemberian Jaminan Hari Tua (JHT) bagi warga Boltim kurang mampu yang juga salah program utama Bupati Sehan Landjar dan Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, sepertinya belum bisa terealiasi meskipun anggarannya telah disiapkan oleh dinas terkait lewat Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2018.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemkab Boltim, Oskar Manoppo, untuk program JHT belum bisa terlaksana dikarenkanakan terkendala dengan aturan yang ada.

“Anggarannya memang sudah di siapkan, tetapi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sarankan pemberian uang secara langsung kepada penerima tidak bisa dilakukan karena menyalahi aturan. ” terang Oskar, Rabu (11/1/18).

Meskipun demikian kata Oskar, pihaknya tetap akan berupaya agar program Pak Bupati ini bisa terealisasi. Pasalnya, di Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) program seperti ini bisa jalan, bahkan Pemkab Mitra sendiri pada tahun kemarin dapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Itu artinya, programnya jalan karena kemungkinan didukung dengan Peraturan Bupati (Perbup).

“Saya akan konsultasi dengan Kepala Badan Keuangan Pemkab Mitra caranya seperti apa. Sehingga kalau pun memang bisa maka Pemkab Boltim segera melaksanakan program tersebut. Supaya tidak akan timbul pertanyaan lagi dari masyarakat mengenai program Pak Bupati ini, ” kata Oskar.

Sebelumnya, salah Anggota Dekab Boltim, Revy Lengkong mengatakan
program jaminan hari tua, sudah dianggarkan di RKA, namun tidak bisa dilaksanakan, karena sampai saat ini belum ada landasan hukum untuk merealisasikan. “Program ini merupakan bagian dari visi dan misi pemerintah, akan tetapi acuan hukumnya belum jelas, ” ujar Revy.

Tambah Revy, di beberapa daerah memang sudah ada yang menerapkannya, tapi belum tahu regulasinya seperti apa, nanti dalam waktu dekat ini dewan akan melakukan studi komperasi untuk konsultasikan hal in.(tim)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*