Perubahan Cuaca, BPBD Imbau Warga Waspada

POSTotabuan.com, BOLTIM-Perubahan cuaca dari musim kemarau, hujan dan angin kencang  yang kerap terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), perlu di waspadai warga Boltim.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian mengatakan saat ini cuaca di Boltim tidak menentu. Kadang hujan, panas dan angin namun hal ini perlu di waspadai masyarakat, terutama para nelayan di pesisir pantai Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Motongkad dan Nuangan. “Di wilayah pesisir pantai ini, sering atau tiba-tiba terjadi angin kencang yang tak bisa diduga, sehingga kami pemerintah daerah perlu mengingatkan agar para nelayan selalu waspada. Sebelum turun melaut lihat dulu kondisi cuaca, ” kata Elvis, Minggu (21/1/18).

Begitu juga kepada para petani, agar waspada terhadap hujan deras yang berpontensi tanah longsor dan banjir. Pasalnya, kata Elvis rata-rata para pemilik kebun di Boltim kebunnya berada di atas pegunungan yang rawan longsor ketika terjadi hujan.

“Sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kita selalu dalam keadaan waspada. Sebab, cuaca di Boltim tidak menentu, ” imbuhnya.

Senada juga dikatakan Camat Kotabunan, Rahman Hulalata kata dia cuaca di Boltim khususnya di wilayah Kecamatan Kotabunan sulit di terka. Cuaca panas dan hujan tidak bisa di prediksi kapan terjadi. Sehingga hal ini harus di waspadai. “Baru-baru ini di Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan, terjadI fenomena alam, dimana pulau Kumeke letaknya di laut Desa Bulawan, tanahnya amblas kemudian tanah yang dari dalam laut naik ke permukaan. Ini perlu kita waspadai terutama bagi mereka pemilik kebun di pulau kumeke untuk selalu berhati-hati, ” kata Rahman.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*