Pelaporan Dana Desa, Mulai Maret Sangadi Bertanggung Jawab ke BPD

POSTotabuan.com, BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar mengatakan, terhitung mulai bulan Maret tahun 2018, pelaporan pertanggung jawaban administrasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD)dan Dana Desa (DD) para sangadi, sudah melalui Badan Permusyawatan Desa (BPD).

“Fungsi dan kewenangan terkait penggunaan dana desa akan di serahkan ke BPD bukan lagi ke dinas terkait, ” kata Sehan, saat kunjungan kerja di tujuh kecamatan baru-baru ini.

Sehan menjelaskan, yang sebelumnya semua pertanggung jawaban pemerintahan desa tentang ADD dan dana desa melalui dinas/ badan terkait, untuk tahun ini tidak lagi. Sangadi laporkan ke BPD, kemudian BPD laporkan ke bupati. “Ini mekanismenya dan akan diberlakukan pada bulan maret nanti, ” jelasnya.

Menurut Sehan, hal ini perlu di sampaikan agar para sangadi sudah tahu kemana pertanggung jawaban mereka. Bahkan selain fungsi pengawasan. BPD juga bisa merekomendasikan pemberhentian sangadi dengan alasan-alasan tertentu. “Tugas dan fungsi BPD kuat, sesuai dengan yang tertuang dalam peraturab bupati (perbup). Jadi Sangadi jangan main-main dengan dana desa karena BPD akan mengawasi, sehingga jika terjadi penyimpangan pemecatan bisa dilakukan oleh BPD, ” tegasnya.(jen)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*