Maret 2018 Pilsang 16 Desa di Boltim

POSTotabuan.com, BOLTIM- Pemilihan Sangadi (Pilsang) di enam belas desa di Kabupaten Boltim, direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2018 medatang. Hal ini dikatakan Kabag Tapem Pemkab Boltim, Ikhlasetiawan Pasambuna, Kamis (16/11/17).

Menurutnya, untuk pilsang di enam belas desa yang ada, sudah diprogramkan dimana pelaksanaannya pada Maret tahun depan. Adapun tahapannya mulai dilakukan Januari 2018. Dimana pada Januari sampai Februari pembentukan panitai pilsang kabupaten, kecamatan dan panitia desa, pejaringan calon Sangadi sampai penetapan calon Sangadi dan pada bulan Maret pemilihannya. “Tahapan pilsang sama seperti pilsang 2016 lalu. Ada panitia, penjaringan calon dan sebagainya. Pastinya pada bulan Maret pilsang sudah dilaksanakan, ” terang Pasambuna.

Terkait dengan hajatan politik pemilu tahun 2019 yakni Pileg dan Pilpres, tentu¬† kata dia tidak akan berpengaruh sebab pilsang ini dilaksanakan pada awal tahun 2018. “Jadwal pilsang kita ambil awal tahun, karena setelah kita lihat dimana tahapan pemilu 2019 masih sepi, sehingga pilsang bisa kita laksanakan. Akan tetapi, semua tergantung pimpinan, yakni Pak Bupati Sehan Landjar. Kalau menurut Pak Bupati pilsang memungkinkan bisa dilakukan pada Maret 2018, maka tentu harus kita laksanakan, ” ujar Pasambuna.

Sebelumnya, Bupati Sehan Landjar mengatakan untuk pilsang di enam belas desa sudah direncanakan pada awal tahun 2018. Tetapi, hal ini akan dibicarakan dulu dengan pihak dan instansi terkait, sebab pada tahun 2018 tahapan pemilu 2019 sudah mulai, sehingga perlu dicarakan agar tidak menimbulkan hal hal yang nantinya bisa menggangu tahapan politik tersebut. “Kita lihat, kalau tidak mengganggu tahapan pemilu 2019, maka tentu pilsang segera dilaksankan, tapi kalau tidak memungkinkan terpaksa pilsang harus diundur sampai selesainya pemilu 2019, ” terang Bupati dua periode ini.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*