Hama Tikus Merajalela di Perkebunan Jagung Tutuyan

POSTotabuan.com, Tutuyan- Memasuki pancaroba yang masih akan berlangsung hingga bulan Desember mendatang, hama tikus mulai kembali merajalela di perkebunan jagung Desa Tutuyan dan Desa Tombolikat, Kabupaten Boltim. Serangan hama tikus sulit diberantas karena petani keterbatasan obat pembasmi tikus.

Salah satu petani di Desa Tutuyan mengaku kesulitan membasmi hama tikus yang ada. Mereka terpaksa membiarkan tanaman jagung¬† menjadi rusak karena tidak adanya obat pembasmi tikus. “Akibat keterbatasan obat pembasmi dan hama tikusnya tetalu banyak, sehingga terpaksa kami biarkan tanaman jagung jadi rusak, ” ungkap Petani tersebut.

Hal yang sama juga diakui oleh Kabag Humas Pemkab Boltim, Udel Simbala yang juga pemilik kebun jagung mengatakan akibat hama tikus ini produksi jagungnya jadi menurun.

“Yang biasa setiap panen jagung diatas sepuluh ton, kini akibat hama tikus panen jagung jadi menurun tinggal tiga sampai empat ton, ” ungkap Simbala, Selasa (21/11/17) siang tadi.

Dia pun berharap dinas terkait dapat mencarikan solusi bagimana hama tikus di Boltim bisa teratasi. “Mudah-mudahan Dinas Pertanian Boltim bisa mencarikan solusi agar petani jagung tidak lagi merugi akibat hama tikus ini, ” kata Simbala.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*