21 JCH Boltim Dilepas Bupati di Masjid Babul Jannah Tutuyan Menujuh Mekkah

POSTotabuan.com, Tutuyan- Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Boltim, berjumlah 21 jamaah resmi dilepas Bupati Sehan Landjar SH, menuju Asrama Haji Manado untuk melakukan persiapan sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Pelepasan dilaksanakan di Masjid Babul Jannah Tutuyan, pada Sabtu (12/8/17), yang turut disaksikan Sekretaris Daerah Ir Hi Muhammad Assagaf, serta sejumlah pejabat teras Pemkab Boltim.

‎21 JCH Boltim yang tergabung dalam kloter 12 bersama JCH dari daerah lain se Sulut, akan menuju Balikpapan Minggu (13/8/17) pukul 04.00 dini hari nanti, kemudian diberangkatkan ke Jedah dari embarkasi Balikpapan, pada Senin (14/8/17), pukul 03.00 ‎dini hari.

‎Bupati Sehan Landjar mengingatkan kepada para JCH, untuk terus menjaga kesehatan agar dapat khusyu menunaikan seluruh rangkaian dan rukun ibadah haji termasuk saat arafah. “Jaga kesehatan dan manfaatkan waktu dengan banyak membaca talbiyah, takbir dan amalan sunah serta perbanyak doa di tempat-tempat mustajab baik di Makkah maupun di Madinah,” pesan Landjar, yang pada kesempatan itu turut memberikan bantuan uang saku kepada 21 JCH.

Sementara, salah satu JCH Boltim, Mahmud Mokoagow mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Boltim yang telah banyak membantu dan memfasilitasi keberangkatan mereka ke tanah suci Makkah. “Atas nama seluruh JCH Boltim saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Boltim yang telah memfasilitasi keberangkatan kami dari Tutuyan ke Manado, “ ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Boltim ini. ‎

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Boltim Ahmad Sholeh mengatakan, ‎jumlah JCH yang sudah terdaftar di Kemenag Boltim mencapai 282 orang. Dengan waktu tunggu selama 10 tahun, maka pendaftar tahun 2017 baru akan berangkat ke Makkah pada tahun 2027. “Sulut adalah daerah dengan daftar tunggu paling pendek se Indonesia  dalam urusan ibadah haji yaitu 10 tahun, daerah paling lama yaitu Makassar dan Kalimantan Selatan yang harus menuggu selama 40 tahun,” terangnya.‎

Diketahui, untuk tahun ini JCH Boltim yang akan diberangkatkan berjumlah 21 orang‎ terdiri dari Kecamatan Modayag Barat 7 orang, Kecamatan Tutuyan 5 orang, Kecamatan Modayag Barat 4 dan orang Kecamatan Kotabunan 5 orang, salah satunya dari Desa Bulawan Satu, A Manoppo, ibu dari Sangadi Bulawan Satu, Haris Lasambu.(riel)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*