Longsor di Jalan Kotabunan Jadi Berkah Untuk Warga

POSTotabuan.com, Kotabunan-Longsoran material yang disertai dengan batu-batu besar yang terjadi di jalan trans antara Desa Paret dan Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Boltim, yang terjadi sejak dua pekan ini mendatang berkah untuk warga seputaran.
Pasalnya, kejadian longsor yang hampir setiap jam terjadi, dimanfaatkan warga. Dimana, material batu yang menghalangi bahu jalan terpaksa harus dikeluarkan bersama-sama oleh warga dengan cara manual meski resikonya berbahaya. Sehingga bantuan warga ini sangat membantu para pengguna jalan. Namun, bantuan tersebut tentu harus ada imbalan uang dari para pengemudi mobil dan motor yang melintas di jalan tersebut.
“Meskipun resikonya berbahaya bagi kami serta untuk kelancaran aktifitas lalulintas, kami harus keluarkan material batu yang menghalangi jalan. Namun, kami juga meminta imbalan dari para pengguna jalan yang artinya saling membutuhkan, ” kata warga Kotabunan Selatan, Tomi Kodu, Rabu (27/7/17).
Sementara pantauan media, kondisi longsoran batu yang terjadi di jalan trans Sulawesi lingkar selatan wilayah Boltim makin memprihatinkan. Bahkan longsor ini nyaris memakan korban jiwa. Dimana Siswa SMA 1 Kotabunan bernama Bella Tujaena, hampir saja tertimbun batu, beruntung saja batunya tidak terlalu besar, sehingga korban bisa diselamatkan warga.
Hal ini akibatkan pihak Balai Jalan Provinsi Sulut, terkesan hanya tinggal diam dengan kondisi jalan diwilayah Boltim. Begitu juga dengan pihak terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, yang tak ada niat menyampaikan masalah ini pemerintah Provinsin maupun Balai Jalan. “Balai Jalan Provinsi kelihatan hanya tinggal diam dengan kondisi yang kerap terjadi di Boltim. Pasalnya, kejadian musibah longsor di Boltim sudah berbulan-bulan terjadi, namun tindakan dari provinsi sendiri tidak ada. Nanti kalau sudah terjadi korban jiwa, siapa yang bertanggung jawab, ” pungkas tokoh masyarakat Boltim, Marthen Meruntu.(risd)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*