Jalan Trans Kotabunan Paret Ditutupi Longsoran Batu, Tiga Jam Lalulintas Macet

POSTotabuan.om, Kotabunan- Jalan trans Sulawesi lingkar selatan antara Desa Kotabunan Selatan dan Desa Paret Kecamatan, Kabupaten Boltim, Senin (17/7/17) sekitar pukul 09.00 Wita terjadi longsoran batu-batu besar dari atas gunung hingga menutupi badan jalan. Akibat kejadian ini, aktifitas lalulintas kendaraan macet total hampir tiga jam lamanya dari mulai kejadian sampai pukul 12.30 Wita. Dimana kendaraan dari arah Tutuyan ke Kotabunan dan dari arah Kotabunan ke Tutuyan tak bisa lewat. Beruntung saja kejadian longsoran batu ini tidak ada korban jiwa.

“Kejadian longsor ini sekitar jam 09.00 Wita. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, ” kata Sangadi Kotabunan Selatan, Rengga Paputungan.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Boltim, Elvis Siagian ketika mengetahui kejadian ini langsung bertindak dan menghubungi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim meminta bantuan alat berat.

“Setelah menerima laporan, saya langsung menghubungi Dinas PU. Syukur alatnya ada ditempat dan langsung dikerahkan untuk mengeluarkan material yang menutupi badan jalan. Dan saat ini jalan sudah bisa dilewat kendaraan, ” kata Siagan.

Meskipun begitu, pemerintah imbau kepada warga terutama pengguna jalan, yakni pengumudi mobil, pengendara motor dan pejalan kaki untuk selalu waspada. “Pasca kejadian lonsor, para pengguna jalan diminta selalu waspada saat melintas di jalan tersebut. Pihak kepolisian juga telah memasang tanda bahaya, ” imbuh Siagian.

Sementara pantauan media, selain dari pihak BPDB dari Pemerintah Desa Kotabunan Selatan, Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri juga berada di tempat kejadian memberikan bantuan.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*