Sahrul Abdul Muis

Warga Buyat Bersatu Alami Krisis Air Bersih

Muis: “Debit Air Bersihnya Mengurang”

BOLTIM, POSTotabuan – Kesulitan mendapatkan air bersih dirasakan oleh warga Desa Buyat Bersatu, Kecamatan Kotabunan kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Sebagaimana dikatakan Sangadi Buyat Barat, Erni Modeong bahwa, kondisi atau krisis air bersih ini telah berlangsung lama, sehingga sampai menyulitkan warga Buyat Bersatu.

“Kesulitan ini dikarenakan bak penampung air bersih untuk menyuplai air ke desa kami diduga asal jadi. Sehingga air tidak mengalir ke wilayah Buyat. Padahal anggaran untuk pekerjaan proyek ini mencapai Rp2,5 miliar, namun hasilnya tidak bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat. maka dari itu, saya meminta kepada instansi terkait agar dapat memperhatikan masalah ini, “ujar Modeong, kepada Media ini Minggu (03/04) soreh kemarin melalui telepon genggam.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sahrul Abdul Muis mengatakan, pastinya pihaknya akan menindak lanjuti soal keluhan warga soal air bersih. Namun, semuanya akan disesuaikan dengan kondisi keuangan pemda Boltim saat ini. Mengingat, berkurangnya dana disebabkan Pemkab masih melakukan pembayaran piutang kepada pihak ketiga.

“Pastinya, apabila ada kelebihan dana hingga APBD perubahan nanti, maka akan dilakukan optimalisasi air bersih,” lanjutnya.

Selain itu, terkait dengan adanya informasi pekerjaan bangunan tempat penampungan air bersih yang diduga asal jadi ditanggapipun oleh oleh Kadis PU. Menurutnya, tempat penampungan tersebut sudah sesuai dengan perencanaan.

“Maaf, bukan maksud untuk membela siapa-siapa. Namun, dari hasil peninjauan kami sulitnya mendapatkan air bersih saat diakibatkan berkurangnya debit air bersih, di lokasi tempat penampungan air bersih. Dan saat ini kami sedang merencanakan langkah-langkah untuk mencoba mencari titik debit air bersih yang cukup tinggi. Agar, kebutuhan air bersih oleh masyarakat akan terpenuhi,” tutup Muis. (Lil)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*