Argo Sumaiku

Pembangunan di Boltim Terancam Batal

Argo: “Izin Usaha Masih Menunggu rekomendasi Bupati”

BOLTIM, POSTotabuan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Komisi II menyambangi Dinas perizinan pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi utara (Sulut).pertemuan dilakukan semata-mata hanya mencari kejelasan terkait pengajuan pembuatan Surat Izin Usaha Pertambang (SIUP) oleh sejumlah pelaku usaha pertambangan galian C Boltim.

Ketua Komisi II, Argo Sumaiku kepada kepada media ini Jumat, 31/03 melalui telepon genggam siang tadi menjelaskan, belum adanya SIUP yang dikantongi para pelaku usaha akan berpengaruh pada proses pembangunan di Boltim. Dan jika penggunaan bahan material di daerah tetangga, pastinya akan berdampak pada pembengkakang biaya yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boltim.

“Pastinya, hal tersebut jika tidak ditangani dengan serius, akan berdampak pada pembangunan infrastruktur di berbagai sektor. Dengan kata lain, pembangunan terancam batal,”ungkapnya.

Lanjut politisi dari fraksi Demokrat Kebangsaan ini mengatakan bahwa, dari hasil konsultasi ke Pemprov Sulut beberapa waktu lalu, dengan berbagai pertimbangan pengurusan izin tersebut ditunda untuk sementara.

“Katanya, pengajuan pembuatan SIUP ditunda sebabkan belum adanya rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dari Bupati untuk pelaku usaha Boltim yang kurang lebih sekitar 15 orang atau tempat,” tambahnya.

Dirinya juga menuturkan, tak hanya Boltim saja mengalami hal yang sama. Bahkan di daerah tetanggapun tepatnya di daerah minahasa tenggara pun, mengalaminya.

“Rencananya, kami akan mengundang Asissten dan juga Instansi terkait untuk melakukan pertemuan, guna membahasa persoalan ini untuk menemukan solusinya,” tutup Sumaiku. (Lil)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*