(foto ist)
(foto ist)

Haris Lasambu Diarak Massa Keliling Kampung, Di Atoga Timur Masdar Tumbang Lawan Kertas Suara Tidak Setujuh

POSTotabuan,com,Tutuyan- Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak periode 2016-2022 Rabu (9/11/16) di 63 Kabupaten Boltim berjalan sukses dan lancar.

Pantauan media ini setiap desa yang menggelar pilsang hanya di sediakan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Meskipun warga yang datang di TPS berbeda pilihan, namun situasi keamanan bisa terjaga hingga selesai pencoblosan. Situasipun berubah sedih dan senang saat penghingtungan suara selasai. Pendukung yang calonnya kalah langsung terdiam. Sementara pendukung calon Sangadi nya menang langsung besorak, bahkan jagoan mereka yakni calon Sangadi tersbut diarak massa pendukung keliling kampung.

Seperti di Desa Bulawan Satu dan Desa Bulawan Induk Kecamatan Kotabunan. Haris Lasambu dan Suleman Lendongan sebagai pemenang suara terbanyak pilsang di dua desa itu, diarak massanya keliling kampung usai penghitungan suara dilakukan.

Sementara di Desa Atoga Timur Kecamatan Motongkad sangat menarik. Dimana calon Sangadi tunggal Masdar Paputungan dikalahkan oleh kertas suara tidak setujuh. Dari total pemilih yang datang ke TPS sebanyak 288 pemilih yang memilih kertas suara kosong sedikitnya 211 pemilih, sementara yang memilih calon tunggal sedikitnya 70 pemilih sendangkan kertas suara rusak 7 suara.

Adapun yang memilih suara tidak setujuh tak lain adalah pendukung Kanno Ngato yang tidak lolos test waktu tahapan pilsang beberapa waktu lalu. Bahkan setelah penghitungan selasai, Kanno Ngato yang saat itu berada TPS langsung diarak pendukungnya sampai kerumah. “Kami puas dengan hasil ini sehingga meminta kepada pemerintah daerah untuk segera agendakan pilsang lagi karena di Atoga Timur tidak calon Sangadi yang terpilih. Bahkan kalau akan menempatkan Pejabat sementara (Pjs) Sangadi, kami minta Kanno Ngato  yang dijadikan Pjs, ” tegas ratusan warga Atoga Timur kepada media ini.

Bupati Sehan Landjar yang memilih TPS Desa Togid Kecamatan Tutuyan berharap, Sangadi yang terpilih dapat merangkul calon lain untuk masuk pada pemerintahan desa. “Jangan membeda-bedakan masyarakat, semua harus dirangkul agar pemerintahan di desa itu programnya bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, ” ujarnya.

Sementara Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Boltim Suharto Paputungan mengatakan pilsang yang di gelar di 63 desa berjalan lancar. “Alhamdulillah menurut laporan yang kami terima pilsang berjalan lancar dan sukses, ” ujarnya.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*