Empat Calon Tunggal Alami Hasil Pahit, Pilsang Akan Digelar Ulang

POSTotabuan.com, Tutuyan- Pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) akan dilaksanakan lagi di empat desa. Masing-masing Desa Buyat Barat, Desa Buyat Tengah Kecamtan Kotabunan, Desa Atoga Timur Kecamatan Motongkad dan Desa Sumber Rejo Kecamatan Modayag.

Pasalnya, pada pilsang yang digelar Rabu (9/11/16), empat calon tunggal di empat desa tersebut mengalami hasil pahit karena dikalahkan oleh kertas suara tidak setuju. Di Desa Buyat Barat dan Buyat Tengah dimana pemilih yang terdaftar 400 lebih pemilih, dan yang datang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) jumlahnya seperti yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni, 400 pemilih. Akan tetapi, saat pencoblosan dilakukan hingga penghitungan suara. Calon tunggal di dua desa ini kalah dengan kertas suara tidak setuju, karena warga yang datang di TPS lebih banyak memilih yang tidak setuju. Begitu juga terjadi di Desa Atoga Timur, meskipun pemilihnya memenuhi kuota 51 plus 1 persen, yakni dari jumlah 300 pemilih tapi yang memilih kertas suara tidak setuju lebih banyak dari calon tunggal. Tidak setujuh 211 suara, sedangkan calon tunggal hanya dapat 70 suara.

Sementara yang terjadi Desa Sumber Rejo malah berbalik. Meskipun calon tunggalnya menang suara dari pemilih yang datang di TPS. Tapi calon Sangadi tunggal tersebut dianggap kalah karena dari jumlah DPT sebanyak 341 pemilih, dimana yang datang di TPS hanya 157 pemilih. Sehingga dianggap tidak memenuhi kuorum atau kuota 51 plus 1 persen meskipun calon itu menang.

Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Boltim Suharto Paputungan menjelaskan, desa yang tidak mencapai kuorum serta kalah dari kertas suara tidak setuju maka dinyatakan gagal. Sehingga harus dilaksanakan pilsang kembali yang rencananya tahapannya dilakukan pada pekan depan.

“Khusus untuk empat desa ini kita akan melakukan perekrutan calon lagi, yang rencananya dimulai minggu depan, ” terang Paputungan, Kamis (10/11/16).

Sementara untuk empat desa tersebut masih akan di pimpin oleh Pejabat sementara (Pjs) Sangadi hingga selesai pilsang dan dilantiknya Sangadi terpilih nanti. “Pejabat sementara saat ini akan terus bertugas sampai dilaksanakannya pemilihan ulang, ” ungkapnya.

Diketahui, dari 13 desa yang memiliki calon tunggal saat pilsang serentak di 63 desa di Boltim, hanya sembilan desa pilsangnya berhasil. Sementara empat desa gagal dan itu akan digelar ulang dalam waktu dekat ini.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*