Sehan Landjar Sambut Kedatangan BPK RI

POSTotabuan.com, Tutuyan-Kedatangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, di Pemkab Boltim untuk pemeriksaan awal penggunaan keuangan APBD Boltim tahun 2016, di sambut dengan baik Bupati Boltim Sehan Landjar dilantai tiga kantor Bupati Boltim pada Senin (10/10/16).

Dalam penyampaiannya, Landjar menegaskan kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk kooperatif dalam membantu menyiapkan segala kebutuhan tim BPK guna menunjang pemeriksaan tersebut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim BPK sebelumnya, masih banyak ketidak patuhan terhadap aturan dalam penggunaan anggaran keuangan daerah. Padahal sudah beberapa tahun ini sistem keuangan berbasis akrual diterapkan, tapi terkesan SKPD nya yang tidak cermat dan tanggap, ” ujar Sehan.

Landjar mengatakan, BPK sebagai auditor independen negara, tidak mau tahu dengan SKPD yang tidak mampu dan tidak paham dalam menjabarkan laporan hasil keuangannya. Sehingga diwajibkan setiap SKPD untuk paham dan mentaati segala aturan pengelolaan keuangan.

“Setiap hari pengelolaan keuangan harus disertai dengan catatan sehingga kapanpun BPK datang, kita sudah siap. Jangan nanti pemeriksaan tiba, laporannya tiba saat tiba akal, ” sentilnya.

Landjar juga menerangkan, setiap apa yang akan dilakukan khususnya dalam pengelolaan keuangan, harus koordinasi dengan pimpinan. Jangan mengedepankan ego sektoral atau menggunakan kacamata kuda. Agar tidak kewalahan nanti saat pemeriksaan.

“Paling banyak pengelolaan keuangan dan pelaporannya yang amburadul, tidak diawali dengan perencanaan yang matang. Sehingga penempatan anggaran tidak terukur dan akhirnya kacau. Untuk itu diwajibkan setiap SKPD harus mampu untuk menciptakan perencanaan program yang efektif dan efisien. Jangan hanya kopi paste, ” ketusnya.

Diketahui, pemeriksaan awal BPK RI ini terhadap penggunaan keuangan daerah, akan berlangsung selama empat puluh hari kedepan. Mereka (BPK,red) dibagi menjadi dua tim. Yang satunya akan melakukan pemeriksaan laporan pengelolaan keuangan daerah. Dan tim satunya melakukan pemeriksaan kinerja SKPD.(dir)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*