Sehan: Arti Qurban Untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

POSTotabuan.com, Tutuyan-Bupati Boltim Sehan Landjar bersama jajaran pemerintah dilingkup Pemkab Boltim Senin (12/9/16) pukul 07.00 Wita melaksanakan sholat Idul Adha (I’d) 1437 hijriah dilapangan Pondabo Tutuyan. Selain sholat I’d Sehan Landjar bertindak sebagai khotib.

Dalam khotbanya Sehan menyampaikan, bahwa hari raya idul adha dikatakan juga sebagai hari raya haji, yang pada hari itu bertepatan dengan jutaan umat islam wukuf di Padang Arafa menunaikan ibadah haji dimana semua jemaah menggunakan pakaian yang tidak berjahit atau pakaian ihram yang mencerminkan tidak ada perbedaan antara kaya miskin, pejabat atau bawahan, juragan atau pekerja dan lain sebagainya. “Yang membedakan hanya amal ibadah masing-masing, ” kata Sehan.

IMG_20160912_151722-1

Bahkan idul adha juga disebut hari raya Idul qurban, dimana semua umat islam di wajibkan berkurban dengan menyembeli hewan qurban.

“Qurban artinya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita tidak harus mengorbankan anak seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim As. Karena mengorbankan harta saja dijalan Allah banyak diantara kita yang tidak ikhlas, mengeluarkan 2,5 persen sedekah untuk fakir miskin enggan, begitu juga mengorbankan waktu untuk beribadah banyak yang tidak sempat karena terlalu sibuk dengan urusan duniawi, ” terangnya.

20160911_211349-2

Dalam penutup khotib Sehan mengatakan bahwa manusia sering mengatakan harta tidak di bawah mati. Namun itu perkataan sangat keliru, karena sebagian ulama cerdas menyampaikan bahwa harta dapat dibawah mati dengan cara memberi bantuan lewat pembangunan rumah-rumah ibadah, memberi kepada fakir miskin, janda-janda tua, kaum dhuafa, panti asuhan dan sebagainya bukan dibawah sendiri.

“Jadi hari raya rurban adalam untuk saling berbagi kepada sesama umat muslim, ” tutupnya.

C360_2016-09-11-21-20-53-344-1

Sementara Kabag Humas Pemkab Boltim Hamdi Egam kepada media mengatakan, hewan qurban yang disediakan pemerintah untuk di sembeli masjid-masjid di Boltim berjumlah 23 ekor. Sapi berjumlah 17 ekor dan kambing 6 ekor.

“Jumlah hewan qurban ini belum terhitung pemberian qurban dari masyarakat yang mampu, ” kata Egam yang diiyakan Kabag Kesos Pemkab Boltim Mahmud Mokoagow.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*