Amin Musa
Amin Musa (ist)

65 Desa Di Boltim Dipastikan Gelar Pilsang Serentak Bulan Oktober

POSTotabuan.com, Tutuyan-Sebanyak 65 desa di Boltim  pada bulan Oktober tahun 2016 ini dipastikan akan menggelar pesta demokrasi, yakni Pemilihan Sangadi (Pilsang). Hal ini dikatakan Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa. Dia memastikan, pelaksanaan pilsang untuk 65 desa di Boltim jadwalnya tak akan tertunda atau tidak berubah lagi. “Sosialisasi tahapan tentang pilsang sudah kita laksanakan beberapa waktu lalu. Jika tahapan ini berjalan lancar, maka dipastikan 65 desa ini menggelar pilsang serentak pada bulan Oktober 2016 sesuai dengan amat undang-undang, ” ujar Musa Sabtu (13/8/16).

Musa mengatakan, adapun point penting yang harus dilaksanakan dalam tahapan pilsang ini, salah satunya pembentukan panitia pilsang desa. Dimana menurut dia, panitia pilsang ini nantinya dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa setempat. Setelah panitia desa dibentuk oleh BPD, maka pantia ini diharuskan segera melakukan tahapan pendaftaran dan penjariangan calon Sangadi yang kemudian diserahkan ke pantia pilsang kabupaten untuk ditetapkan sebagai calon Sangadi melalui Fit and Proper Test (FPT).

“Pendaftaran dan penjaringan calon hingga FPT, itu memakan waktu kurang lebih hampir dua bulan, yakni bulan Agustus ini hingga akhir September atau awal Oktober. Setelah beberapa tahapann terbut selesai, maka tugas panitia desa selanjutnya  mempersiapkan segalah hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pilsang nanti, ” terang Musa.(riel)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*